Memahami Segmentasi Pasar

Share on :

Dalam bisnis, ketika kita mengoperasikan bisnis kita dalam pasar yang luar kita akan sadar bahwa kita tidak akan bisa bersaing dengan banyak pesaing sekaligus. Selain itu, kita akan sadar bahwa kita tidak dapat melayani seluruh keinginan pelanggan sekaligus. sebagai contoh kita tidak akan bisa menyamakan keinginan pelanggan wanita dengan pria. Hal tersebut menyebabkan kita perlu memahami segmentasi pasar agar kita dapat menjalankan sebuah bisnis secara maksimal. Nah, apa sih pengertian segmentasi pasar itu? apa saja jenis-jenisnya? dan apa manfaat mengetahui segmentasi pasar? yuk tanpa basa-basi lagi langsung saja kita bahas

1. Apa Pengertian Segmentasi Pasar ?

Seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya, pengertian segmentasi pasar adalah  suatu strategi mengelompokan atau membagi suatu pasar menjadi kelompok kecil pembeli yang berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku. Selengkapnya tentang pengertian segmentasi pasar menurut para ahli bisa kamu liat disini :

https://inilodigital.id/segmentasi-pasar-umkm/

2. Jenis Segmentasi Pasar

a. Segmentasi Geografis.

Segmentasi Geograsi adalah segmentasi yang mebagi pasar dari produk atau jasa berdasarkan letak Geografis, seperti negara, bangsa, kawasan, bagian dari negara. Contohnya seperti : provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan.

b. Segmentasi Demografis.

Segmentasi Demografis adalah segmentasi yang membagi pasar dari produk ataupun jasa berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, hingga penghasilan.

c. Segmentasi Psikografis.

Segmentasi psikografis adalah segmentasi yang didasari dengan pemahaman psikologi terhadap konsumen sebagai contoh berdasarkan kelas sosial, gaya hidup,  dan kepribadian.

d. Segmentasi Perilaku.

Dalam segmentasi perilaku target konsumen akan dibagi berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian atau taggapan mereka terhadap produk ataupun jasa.

3. Manfaat Mengetahui dan Menerapkan Segmentasi Pasar

Ketika kita mengetahui dan menerapkan Segmentasi Pasar kita kan mendapatkan berbagai macam manfaat antara lain:

1. Produk dan pelayanan yang akan diberikan sesuai dengan permintaan pasar yang telah ditarget.

2. Ketika melakukan promosi akan lebih maksimal dan efektif dikarenakan media, bentuk pesan, dan penyampaian pesan lebih terfokuskan.

Nah itu sekilas tentang segmentasi pasar, untuk kamu yang ingin belajar bisnis lebih dalam lagi dari dasar secara gratis, kamu bisa bergabung ke group telegram dan facebook kami melalui link berikut :

Group Telegram :

https://t.me/belajarbisnisbyinilodigital

Group Facebook :

https://www.facebook.com/groups/3292344361067441/

 

You May Also Enjoy These Articles