Mengetahui Segmentasi Pasar untuk UMKM

Share on :

Mengetahui segmentasi pasar untuk UMKM, seberapa pentingkah itu? jawabanya sangatlah penting!! tapi sebelum kita membahas secara singkat mengapa sangat penting kita perlu mengetahui lebih jelas terlebih dahulu tentang segmentasi pasar. Berikut merupakan penjelasan tentang segmentasi pasar :

APA ITU SEGMENTASI PASAR?

secara ringkas segmentasi pasar adalah suatu strategi mengelompokan atau membagi suatu pasar menjadi kelompok kecil pembeli yang berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku.

sedangkan menurut para ahli segmentasi pasar adalah :

1. Adisaputro

segmentasi pasar adalah mengelompokan pasar suatu produk dengan cara tertentu yang bermanfaat bagi kepentingan pelaksanaan kegiatan pemasaran.

2. Fandy Tjiptono dan Candra

diartikan sebagai proses pengelompokan pasar secara keseluruhan 
menjadi kelompok atau bagian yang memiliki kesamaan
dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku dan/atau respon terhadap program
pemasaran spesifik.

MENGAPA SEGMENTASI PASAR PENTING UNTUK DIKETAHUI UMKM?

Secara ringkas, segmentasi pasar perlu kita ketahui agar bisnis kita dapat berjalan secara fokus dalam suatu target konsumen saja. Mengapa seperti itu? hal ini dikarenakan bisnis tidak akan maksimal ketika kita tidak bisa fokus, dalam setiap segmentasi pada umumnya akan menemui banyak pesain yang mana sebuah bisnis yang kita jalankan wajib bisa bersaing dengan mereka. Ketika bisnis memiliki segmentasi pasar yang tidak jelas, sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang dengan maksimal karena akan bingung untuk menentukan arah mana yang harus dikembangkan terlebih dahulu. Sekian artikel singkat yang admin buat, untuk lebih detailnya kamu bisa mempelajarinya pada link berikut :

Memahami Segmentasi Pasar

Kamu juga bisa belajar gratis bersama kami melalui link berikut : https://t.me/belajarbisnisbyinilodigital  

You May Also Enjoy These Articles